-->



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

"No"

Home Layout Display

Posts Title Display

"No"

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

 

Aneka Buah untuk Isian Es Buah PK. Foto: MSY/Writeitmagazine.com

Write It - Sore itu cuaca di Kota Jogja agak terik, cukup membuat baju kami basah oleh keringat. Bayangan kesegaran semangkuk es pun berulang kali mampir. Karena sedang tidak ingin menyantap rujak es krim yang populer dan mudah ditemukan di Jogja, kami mencoba mencari alternatif lain. Menikmati es buah segar sepertinya bakal pas guna menghilangkan dahaga.

Kami teringat warung es di dekat Jalan Magelang yang pernah direkomendasikan oleh seorang teman. Beberapa kali melewati warungnya tak ada keinginan untuk mampir sebab warung es ini selalu ramai dipadati pembeli. Beruntung saat itu kondisi warung sedang agak lengang sehingga kami berkesempatan untuk mencoba es buahnya.


Warung Es Buah PK. Foto: MSY/Writeitmagazine.com

Warung es ini bertempat di trotoar pinggir jalan, lokasi persisnya ada di Jalan Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. Warung es buah ini mudah ditemukan, Anda cukup menuju ke ujung Jalan Pakuningratan yang bersimpangan dengan Jalan Magelang. Deretan motor yang terparkir di pinggir jalan, banyak orang duduk lesehan di atas trotoar dan sebagian duduk di kursi plastik, serta spanduk nama berdasar kuning dengan tulisan warna merah menjadi ciri warung es ini.


Tak hanya berjualan es buah, warung ini juga menyediakan menu bakso. Anda dapat langsung menuju etalase bakso dan es untuk memesannya. Deretan buah segar dan sirup yang berjajar di stoples kaca bening nampak menggoda. Kala itu kami hanya memesan menu andalannya, yaitu es buah.


Semangkuk Es Buah PK. Foto: MSY/Writeitmagazine.com


Seporsi es buah PK berwadah mangkuk standar mi ayam pun datang. Aneka buah segar nampak mengintip di bawah serutan es batu yang telah ditambahkan susu kental manis cokelat. Saat diaduk, potongan buah yang besar dan es serut yang mulai mencair hampir memenuhi mangkok. Jika tak suka susu, Anda bisa memesan es buah tanpa susu sehingga hanya disiram dengan sirup khas yang segar.


Satu mangkuk es buah PK berisi potongan besar buah sawo, kelapa muda, nangka, nanas, serta cincau hitam dalam jumlah yang tak pelit. Mulanya kami mengira tambahan susu cokelat kental manis di atas serutan es ini akan membuat rasanya menjadi terlalu enek. Nyatanya rasa manis susu dan asam segar sirup menghasilkan rasa manis segar yang pas, tidak enek sama sekali dan tak hambar saat seluruh es sudah benar-benar mencair. Potongan besar aneka buah dengan campuran rasa manis dan asam ini pun menyatu sempurna dengan kuah es yang nikmat.


Kiri ke Kanan: Es Buah PK Lengkap dengan Siraman Susu Cokelat Kental Manis dan Es Buah PK Tanpa Susu. Foto: MSY/Writeitmagazine.com 


Rasa es buah PK ini akan berbeda saat Anda memesan tanpa tambahan susu cokelat kental manis, rasa kuahnya dominan asam segar yang berasal dari siraman sirup di atas es serut. Meski cenderung asam, namun saat dipadukan dengan buah-buahan yang manis dapat menghasilkan rasa yang cukup seimbang. Apalagi kalau Anda mencicipinya di tengah cuaca terik, paduan aneka isian sederhana namun tak pelit ini akan menghasilkan rasa yang paripurna.


Seusai menandaskan seporsi es buah nikmat ini kami sempat bertanya-tanya mengenai asal usul nama warung yang cukup unik, yaitu menggunakan singkatan “PK”. Saat membayar, kami pun menanyakan mengenai penggunaan “PK” sebagai nama warung kepada salah satu pegawai. Menurut sang pegawai, PK merupakan singkatan dari Pakuningratan, nama jalan di mana warung ini berlokasi. Rasa penasaran kami pun akhirnya terjawab.


Daftar Harga di Warung Es Buah PK. Foto: MSY/Writeitmagazine.com


Sang pegawai juga memberikan informasi menarik lain, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Meski sudah berusia hampir setengah abad, warung Es Buah PK masih menempati lokasi yang sama dengan sekarang. Namun saat ini warung Es Buah PK telah melebarkan sayap dengan membuka dua cabang baru, yaitu di Jalan Kyai Mojo Tegalrejo dan Jalan Godean KM 9.


Seporsi es buah PK dihargai Rp8 ribu, sedangkan untuk baksonya dibanderol Rp12 ribu. Harganya sangat terjangkau mengingat banyaknya isian seporsi es buah yang disajikan dan rasanya yang paripurna, apalagi di tengah cuaca panas.

 

(MSY/OTK)

Leave A Reply